Koordinasi adalah penyatuan,
integrasi, sinkronisasi upaya anggota kelompok sehingga memberikan kesatuan
tindakan dalam mengejar tujuan bersama. Ini adalah kekuatan tersembunyi
yang mengikat semua fungsi lain dari manajemen. Menurut Mooney dan Reelay,
"koordinasi adalah Co susunan teratur dari upaya kelompok untuk memberikan
kesatuan tindakan dalam mengejar tujuan bersama". Menurut Charles
Worth, "koordinasi adalah Co integrasi dari beberapa bagian ke dalam
lubang teratur untuk mencapai tujuan pengertian". Manajemen berupaya untuk
mencapai koordinasi melalui fungsi dasar perencanaan, pengorganisasian,
staffing, memimpin dan mengendalikan. Itulah sebabnya, koordinasi bukan
merupakan fungsi yang terpisah dari manajemen karena mencapai keselarasan
antara usaha-usaha individu terhadap pencapaian tujuan kelompok merupakan kunci
keberhasilan manajemen. Koordinasi adalah inti dari manajemen dan implisit dan
melekat pada semua fungsi manajemen.
Koordinasi adalah elemen integral atau bahan dari semua fungsi manajerial sebagaimana dijelaskan di bawah:
Koordinasi adalah elemen integral atau bahan dari semua fungsi manajerial sebagaimana dijelaskan di bawah:
- Koordinasi melalui Perencanaan - Perencanaan memfasilitasi koordinasi dengan mengintegrasikan berbagai rencana melalui diskusi bersama, pertukaran ide. Misalnya - koordinasi antara anggaran keuangan dan anggaran pembelian.
- Koordinasi melalui Pengorganisasian - Mooney menganggap koordinasi sebagai esensi pengorganisasian. Bahkan ketika manajer kelompok dan memberikan berbagai kegiatan untuk bawahan, dan ketika ia menciptakan menonjol koordinasi departemen dalam benaknya.
- Koordinasi melalui Staffing - Seorang manajer harus ingat bahwa hak no. personil di berbagai posisi dengan tepat jenis pendidikan dan keterampilan yang diambil yang akan menjamin orang yang tepat pada pekerjaan yang tepat.
- Koordinasi melalui Mengarahkan - Tujuan memberi perintah, instruksi & bimbingan kepada bawahan dilayani hanya ketika ada keselarasan antara atasan dan bawahan.
- Koordinasi melalui Mengontrol - Manajer memastikan bahwa harus ada koordinasi antara kinerja aktual dan kinerja standar untuk mencapai tujuan organisasi.
Dari pembahasan di atas, kita dapat
sangat banyak menegaskan bahwa koordinasi adalah inti sangat banyak manajemen.
Hal ini diperlukan dalam setiap & setiap fungsi dan pada setiap tahap dan
setiap & oleh karena itu tidak bisa dipisahkan.
0 komentar:
Posting Komentar